Unordered List

6/recent/ticker-posts

SLBN Tanbu Melakukan Olah Raga Bagi Siswa ABK Guna Meningkatkan Kepercayaan Diri.

TANAH BUMBU, Kontak24jam.Net - Siswa dan Siswi Berkebutuhan Khusus (ABK) juga memiliki kebutuhan untuk bergerak atau berolahraga meski dirinya memiliki hambatan dalam merespons rangsangan untuk melakukan atau menirukan suatu gerakan.

Bahkan ada yang memang fisiknya terganggu sehingga tidak dapat melakukan gerakan yang terarah. Hal tersebut terjadi karena ABK memiliki masalah dengan kemampuan sensoris, motorik, belajar dan sebagainya.

Hal tersebut seperti yang di ungkapkan Guru Olah raga SLB Negeri Tanah bumbu 
Jauhari Ahmad  pada Selasa (14/03/23) "dalam mengajarkan Pendidikan olah raga jasmani  ada yang disebut dengan olahraga adaptif.

Maksudnya adalah metode olahraga yang disesuaikan dengan kapasitas fungsional tubuh seseorang.

Misalnya aktivitas gerak dengan kegiatan permainan yang disesuaikan dengan kemampuan, keterbatasan, kesegaran jasmani, sosial, kultural, dan emosional siswa dan siswi.

Aktivitas gerak yang dilakukan Siswa ABK prinsipnya berguna untuk memenuhi kebutuhan gerak dan menunjang tumbuh kembangnya, baik fisik maupun psikis sehingga seluruh potensinya optimal. Adapun tujuan dan manfaat lain olahraga bagi ABK.

Dalam setiap pembelajaran termasuk dalam olah raga SLB Negeri Tanah bumbu selalu menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik, aktivitas fisik memberikan manfaat-manfaat penting bagi setiap Siswa dan siswi ujar Jauhari.

Jauhari juga menambahkan bahwa Untuk peserta Siswa  berkebutuhkan khusus, SLBN Tanah bumbu dalam berolahraga bisa menjadi terapi, hiburan, sekaligus meningkatkan kualitas hidup mereka. Di samping untuk kesehatan tubuh, berolahraga juga  akan meningkatkan kepercayaan diri dan penghargaan terhadap diri sendiri tutup Jauhari. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar