Unordered List

6/recent/ticker-posts

Untuk Tingkatkan Layanan Sosial Pemkab Tanbu Gelar Bimtek SIKS-NG

 

TANAH BUMBU, kontak24jam.Net - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Sosial mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation) yang bertujuan meningkatkan kapasitas operator Desa/Kelurahan dalam pengisian data. Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu, Liana Hamita, menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh operator SIKS-NG Desa/Kelurahan se-Kabupaten Tanah Bumbu dan dilaksanakan mulai 02 hingga 14 Mei 2024 di Batulicin.


Bimtek ini juga diikuti oleh Camat, Pendamping PKH, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan. 

Liana menekankan bahwa hampir setiap desa/kelurahan di Tanah Bumbu telah memiliki operator SIKS-NG yang bertugas menginput dan memperbarui data kemiskinan. 

Tujuan dari bimtek ini adalah untuk meningkatkan kompetensi operator dalam pengisian data SIKS-NG serta memberikan pengetahuan terkait verifikasi dan pengusulan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta data Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI JKN) melalui SIKS-NG.

“Diharapkan melalui bimtek SIKS-NG ini, Desa/Kelurahan dapat lebih memudahkan masyarakat miskin/fakir miskin dalam mendapatkan layanan sosial serta mengakses informasi terkait DTKS dan PBI JKN,” ujar Liana.

(TKSK), Kasi Pemmas Kecamatan, serta operator SIKS-NG Desa/Kelurahan sebanyak 157 orang dan perwakilan Desa/Kelurahan sebanyak 157 orang. Hingga saat ini, bimtek telah dilaksanakan di 10 Kecamatan sejak 2 hingga 8 Mei 2024, dengan rencana selanjutnya akan dilakukan di Kecamatan Kusan Hilir pada tanggal 13 Mei 2024, dan Kecamatan Kusan Tengah pada tanggal 14 Mei 2024.” (her)

Posting Komentar

0 Komentar