Unordered List

6/recent/ticker-posts

Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas di Tanah Bumbu.

TANAH BUMBU, kontak24jam.Net - Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar workshop penguatan kapasitas Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Sebuah Hotel di Batulicin, belum lama tadi.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas di Kabupaten Tanah Bumbu demi mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Workshop yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh 56 peserta, terdiri dari Kepala Puskesmas, Penanggung Jawab (PJ) Mutu Puskesmas, PJ Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) Puskesmas, dan PJ Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, dr Muhammad Yandi Noorjaya menjelaskan bahwa penguatan kapasitas FKTP melalui pemantauan mutu dilakukan untuk memperkuat kapasitas FKTP dalam upaya perbaikan mutu secara berkelanjutan melalui pengukuran indikator mutu, pengendalian penyakit infeksi (PPI), manajemen risiko, audit internal, dan pelaporan insiden keselamatan pasien (IKP).

Selain itu, untuk meningkatkan standar pelayanan puskesmas secara bertahap.

"Sasaran dari kegiatan ini adalah puskesmas, Klinik Pratama, dan TPMD/TPMDG. Pemerintah juga akan memberlakukan akreditasi terhadap seluruh Puskesmas untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Tanah Bumbu," jelas dr Yandi.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Eka Safrudin, menyampaikan bahwa peningkatan derajat kesehatan masyarakat terus menjadi fokus perhatian Tanah Bumbu.

"Puskesmas sebagai salah satu institusi publik memegang peranan penting dalam hal ini. Puskesmas dituntut untuk dapat melayani masyarakat dengan baik, berkembang dan mandiri, serta memberikan pelayanan yang bermutu dan terjangkau," ujar Zairullah.

Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan mutu bagi Puskesmas untuk memuaskan masyarakat dan sebagai bagian dari Standar Pelayanan Minimal (SPM)."

Harapannya, dinas kesehatan, seluruh Kepala Puskesmas dan staf agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga dapat lebih memahami dan melakukan proses kegiatan berikutnya,” ujarnya.

“Hingga terwujud Pelayanan Kesehatan yang bermutu di 14 Puskesmas se-Kabupaten Tanah Bumbu," pungkas Zairullah. (her)

Posting Komentar

0 Komentar