Unordered List

6/recent/ticker-posts

Sebar Berita Hoax Di Facebook Warga Angsana Di Bekuk Polda Kalsel

 

TANAH BUMBU, kontak24jam.Net - Dit Reskrimsus Polda Kalsel mengamankan seorang pria berinisial MH (39), warga Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu.

"MH diamankan setelah menyebarkan video isu hoax di media sosial facebook, yang dimana dalam video tersebut bertulislan kalimat ‘WASPADA’ ‘BERAS  BERACUN 1 JT TON DARI CINA’.

Dir Reskrimsus Polda Kalsel, Kombes Pol Aditya Gofur Siregar mengatakan, pelaku diamankan lantaran unggahan pelaku diduga menghasut, mengajak, atau mempengaruhi orang lain

Sehingga menimbulkan rasa kebecian atau permusuhan terhadap kebangsaan China.

“Namun pada kenyataan yang ada itu tidaklah benar, dan itu hanya Hoax semata,” ujar Dir Reskrimsus, di dampingi Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Adam, di halaman Mako Dirut Reskrimsus Polda Kalsel, Senin (20/05/24) siang.

“Atas perbuatan pelaku tersebut, kita lakukan upaya penegakan hukum terhadap pelaku,” lanjutnya.

Lebih lanjut, papar Gofur, pelaku memposting video tersebut pada Kamis (02/05/24) siang, dengan menggunakan sebuah akun bernama M Husni JR di Facebook.

Berdasarkan unggahan tersebut, tim siber Polda Kalsel pun melakukan penyelidikan, hingga akhirnya berhasil mengamankan pelaku pada Kamis (16/05/24) di kediamannya.

“Dari pengakuan pelaku saat BAP, bukan pelaku yang membuat dan mengedit video tersebut,” ungkapnya.

“Maka dari itu, saat ini masih kita lakukan pendalamam terhadap kasus tersebut, untuk mengungkap keterlibatan pihak lainnya,” sambungnya.

Gofur menuturkan, alasan pelaku memposting video tersebut adalah agar masyarakat tidak menjadi korban Beras beracun dari China. Namun pada kenyataannya, beras beracun ini tidak ada.

“Makanya sebelum menerima informasi, kita terlebih dahulu harus mencek kebenarannya terlebih dahulu,” pungkasnya. (Iqnatius)  (her)

Posting Komentar

0 Komentar