Unordered List

6/recent/ticker-posts
                           

Wacana Kalimantan Selatan Gencar Rencanakan Pemekaran Wilayah Demi Memperluas dan Membentuk Daerah Baru.

 

KALSEL, kontak24jam.Net - Wacana Kalimantan Selatan Gencar Rencanakan Pemekaran Wilayah Demi Memperluas dan Membentuk Daerah Baru, 3 Wilayah Sudah Siap Dilepaskan?

Kalimantan Selatan Memasuki Era Baru: Rencana Pemekaran Wilayah dan Antusiasme Masyarakat

Kalimantan Selatan (Kalsel) kini sedang mengalami gebrakan besar dengan merancang pemekaran wilayahnya, mengarah kepada pembentukan Calon Daerah Otonomi Baru yang menarik perhatian banyak pihak.

Sejak 16 Maret 2022, Kota Banjarbaru secara resmi telah menjadi ibu kota provinsi, menggantikan posisi Kota Banjarmasin.

Perubahan ini membawa angin segar bagi masyarakat setempat dan menandai awal dari perubahan signifikan di wilayah tersebut.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan menetapkan 14 Agustus 1950 sebagai Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan melalui surat keputusan No. 2 Tahun 1989 pada tanggal 31 Mei 1989.

Tanggal tersebut menjadi tonggak sejarah, merujuk pada pembentukan Provinsi Kalimantan setelah pembubaran Republik Indonesia Serikat (RIS).

Gubernur pertama, Dokter Moerjani, dipercayakan memimpin sesuai dengan Peraturan Pemerintah RIS No. 21 Tahun 1950.

Namun, seiring berjalannya waktu, Kalsel tidak berhenti bertransformasi. Melalui rencana pemekaran wilayah, pemerintah berharap dapat menciptakan Calon Daerah Otonomi Baru yang lebih dinamis dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Pemindahan ibu kota provinsi dari Banjarmasin ke Banjarbaru juga mengundang berbagai perubahan positif.

Banjarbaru, dengan segala potensinya, siap untuk menjadi pusat perekonomian dan pusat pemerintahan yang lebih modern.

Antusiasme masyarakat terhadap rencana pemekaran wilayah ini sangat tinggi. Mereka melihatnya sebagai kesempatan untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Harapan tumbuh subur di hati setiap individu, karena di balik perubahan ini terdapat peluang baru dan potensi pembangunan yang belum tergali sepenuhnya.

Perubahan tanggal ibu kota dan rencana pemekaran wilayah menjadi momentum penting yang memicu semangat kebersamaan dan kebanggaan warga Kalimantan Selatan.

Masyarakat, bersama-sama dengan pemerintah, berkomitmen untuk mewujudkan perubahan positif dan mengukir jejak baru di era baru ini.

Dengan adanya rencana ini, diharapkan bahwa Kalimantan Selatan akan semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan nasional.



PENULIS,  Herry.Akj

Posting Komentar

0 Komentar