Unordered List

6/recent/ticker-posts

DLH Tanah Bumbu Akan Lakukan Verifikasi Lapangan Penilaian Terkait Adipura Lokal Program Madinah Berseri.

 
TANAH BUMBU, kontak24jam.Net - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam waktu dekat akan melakukan verifikasi lapangan penilaian Adipura Lokal yang merupakan implementasi program Madinah Berseri (Masyarakat Peduli Keindahan, Bersih, dan Lestari).

“Sebagai tindaklanjut dari Adipura Lokal program Madinah Berseri yang di launching pada 9 Maret 2023, maka Tim Penilai Kabupaten terdiri dari internal DLH dan TP PKK Kabupaten akan melakukan verifikasi lapangan pada 2 – 9 Mei 2023,” kata Kepala DLH Tanbu Rahmad Prapto Udoyo didampingi Kabid Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) Indah Maya Suryanti, di Batulicin, Kamis (28/4/23).

Rahmad mengatakan tahun 2023 ini ada sebanyak 24 Desa/Kelurahan dari 12 Kecamatan yang diusulkan oleh masing-masing Kecamatan untuk mengikuti Adipura Lokal menuju Lingkungan yang Bersih, Indah, dan Nyaman (Akal Beriman).

Indikator penilaian Adipura Lokal ini murni diadopsi dari kriteria yang ada di penilaian Adipura tingkat Nasional yang disesuaikan levelnya pada tingkat kabupaten dan memerlukan koordinasi lintas bidang di DLH mengingat dari indikator tersebut terdapat tupoksi masing-masing bidang.

Adapun yang menjadi objek penilaian yakni sebanyak 15 lokasi terdiri dari 14 lokasi fisik, dan 1 kriteria non fisik. Objek lokasi penilaian dimasing-masing desa/kelurahan disesuaikan dengan karakteristik wilayah masing-masing diantaranya perumahan atau pemukiman, jalan, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah

desa/kelurahan menerapkan kaidah-kaidah pengelolaan sampah secara baik, serta optimalisasi pengelolaan penghijauan skala desa, sehingga saat momen pemantauan dan penilaian adipura oleh tim pusat, kesiapan Kabupaten Tanah Bumbu juga akan lebih baik lagi.

Sedangkan untuk pemilihan icon Program Madinah Berseri melalui Adipura Lokal disesuaikan dengan motto dari Kabupaten Tanah Bumbu yaitu Bersujud “Bersih, Syukur, Jujur dan Damai”, yaitu mempunyai makna “Mewujudkan masyarakat yang tulus dan ikhlas dengan kecerdasan dan keberanian untuk melakukan perubahan dalam rangka menciptakan Tanah Bumbu Bersih, Indah, dan Nyaman.

Karena hanya dengan keikhlasan dari dalam diri sendiri sebagai pribadi yang menyadari bahwa kebersihan adalah tanggung jawab masing-masing individu, maka akan mudah bersama-sama mewujudkan lingkungan yang lebih asri dan tidak menutup kemungkinan akan banyak pengembangan untuk melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik dalam optimalisasi pengelolaan sampah dan penghijauan di masyarakat. (Rel)

Posting Komentar

0 Komentar