Unordered List

6/recent/ticker-posts

Haul Guru Sekumpul Rencananya Pindah Ketempat Kediaman Pribadi Gubernur Kalsel.

 
TANAH BUMBU, Kontak24jam.Net - lokasi haul akbar ulama kharimastik guna mengenang wafatnya Abah Guru Sekumpul ke-18 tidak lagi di kawasan Sekumpul, Martapura.

Berdasar kesepakatan para ulama Martapura dan Pemprov Kalsel, lokasinya dipindah dan dipusatkan di kediaman pribadi Gubernur Sahbirin Noor atau Paman Birin di Kampung Keramat, tepatnya di Jalan Kertak Baru RT 1, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar pada Kamis (26/1/23) mendatang.

Direncanakan, haul akbar Abah Guru Sekumpul tak hanya mengundang penceramah KH Ahmad Mustain Syafii, ahli tafsir dari Ponpes Tebuireng, Jombang, juga di antaranya adalah mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kedatangan sejumlah tokoh nasional, termasuk mantan Wapres Jusuf Kalla diketahui setelah lima personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mendatangi Polda Kalsel, dilansir Jejak Rekam Banjarmasin, Kamis  (19/1/23).

Kedatangan mereka untuk koordinasi dengan Biro Operasional Polda, "Polda Kalsel, terkait pengamanan mantan orang nomor dua di Indonesia tersebut.

“Pak Jusuf Kalla yang rencananya datang dalam haul akbar Abah Guru Sekumpul di Martapura,” ucap salah seorang Paspampres sambil berlalu meninggalkan awak media di Banjarmasin.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i mengaku belum bisa memberikan informasi tersebut, “Belum ada informasi lebih lanjut,” ucap perwira senior Polda Kalsel ini, singkat.

Haul Akbar ke-18 Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul setiap tahunnya dihadiri oleh ratusan ribu bahkan jutaan warga. Kedatangan mereka tidak hanya dari warga Kalsel saja, banyak warga luar provinsi bahkan luar negeri.

Setelah tidak digelar selama dua tahun karena pendemi Covid-19, haul akbar tahun 2023 akhirnya diumumkan oleh ulama Martapura, KH Wildan Salman (Guru Wildan), usai para ulama bertemu dengan jajaran Pemprov Kalsel. Haul akbar ini dipusatkan di kediaman Paman Birin di Kampung Keramat Martapura pada Kamis (26/1/2023) malam. (Kon)


Posting Komentar

0 Komentar