Unordered List

6/recent/ticker-posts

Bappenas RI mendorong terwujudnya pembangunan Bendungan Kusan

 
Batulicin – Kontak24jam.com -  Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI mendorong terwujudnya pembangunan Bendungan Kusan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.
Dalam kunjungan Kerja Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar ke Bappenas, Rabu (24/11/21) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) RI/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) merespon positif kunjungan itu.
Direktur Pengairan dan Irigasi Bappenas RI, Abdul Malik mengatakan, langkah ini dinilai sangat prospek dan memang harus segera ditangani.
Dijelaskan,berdasarkan data yang dipaparkan Pemkab Tanah Bumbu, menyimpulkan bahwa hal ini harus segera terwujud.
“Karena sangat banyak potensinya. Baik mengatasi permasalahan banjir, kebutuhan air bersih, maupun potensi irigasinya,”terangnya.
Menurutnya, terkait usulan Bendungan Kusan di Tanah Bumbu, pihaknya sangat mendukung, namun harus dibahas lebih lanjut bersama Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.
Karena pembangunan ini berkaitan masalah teknis juga, sehingga harus adakan rapat lanjutan dengan Kementerian PUPR yang menyelesaikan masalah maupun mengelola sumber daya air.
Dia menambahkan, untuk prosedur pembangunan bendungan ini, itu sudah ada regulasinya di Kementerian PUPR. Tentu langkah kedepan pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut,.
Dikatakan, hal ini terkait kesiapan project. Masalah teknis tentu akan dibahas, karena membangun bendungan tersebut sebelumnya sudah ada dialog dengan sertifikasi desain izin konstruksi, dan masalah lingkungan.
Abdul Malik mengakui Bendungan Kusan sudah mengantongi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yang lama. Namun harus tetap merumuskan rencana mitigasi kemungkinan masalah sosial, termasuk rencana pembebasan lahan.
Dibeberkan, pembangunan Bendungan Kusan membutuhkan anggaran yang cukup besar, oleh karenanya melihat persiapan dan mengurus diskresi.
Sementara itu, kunker ini turut dihadiri Sekda Tanah Bumbu, H Ambo Sakka bersama Kepala Bappeda Tanah Bumbu, Andi Anwar Sadat serta anggota DPRD, H Hasanuddin. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar