Unordered List

6/recent/ticker-posts

Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Jatuh pada Rabu atau Kamis.

KONTAK24JAM.COM,
Inilah hasil sidang isbat penentuan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H yang akan digelar pada Selasa (11/5/2021).

Masyarakat dapat memantau hasil sidang isbat penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H lewat sejumlah link yang diberikan dibeberapa Media Televisi  yang menyiarkan gelar sidang Isbat tersebut.

Dengan demikian, akan diketahui, Lebaran 2021 jatuh pada hari Rabu, 12 Mei 2021 atau Kamis, 13 Mei 2021 seperti yang sudah ditetapkan oleh PP Muhammadiyah.

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan 1 Syawal 1442 H sebagai Idul Fitri atau Lebaran 2021.
Sidang isbat digelar pada Selasa (11/5/21) atau bertepatan pada 29 Ramadan 1442 H secara daring dan luring.

Dikutip dari kemenag.go.id, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H.

Lantaran masih pandemi Covid-19, sidang isbat dilakukan mengikuti protokol kesehatan sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama.

"Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi."

"Hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas," sambungnya.

Menurut Kamaruddin, panitia juga menyiapkan aplikasi pertemuan dalam jaringan (zoom meeting), baik untuk peserta sidang maupun media.

Pasalnya, peliputan juga akan dilakukan secara terbatas.

"Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming," sambungnya.

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim menambahkan, tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadan lalu.

Sesi pertama dimulai pukul 16.45 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1442H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, Cecep Nurwendaya.

Setelah Magrib, sidang Isbat dipimpin Menteri Agama, diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

Kemenag menjadwalkan akan melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia.

Untuk di DKI Jakarta, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai 7.

Juga di Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy'ari Jakarta Barat.

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi serta disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," kata dia. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar