Unordered List

6/recent/ticker-posts

12 Merek Mobil Buatan Indonesia, Yang Tidak Diketahui Warganya, Tapi Terkenal Di Negara Luar.

INDONESIA, Kontak24jam.Net - Industri otomotif Indonesia kerap mengalami perkembangan. Ternyata, merek mobil buatan Indonesia cukup banyak jumlahnya. Namun, karena satu dan lain hal merek mobil buatan Indonesia ini masih jarang ditemukan di jalanan.

Meskipun begitu, merek mobil buatan Indonesia memiliki peminat dari luar negeri yang cukup besar. Penasaran apa nama merek mobil buatan Indonesia? Simak daftarnya berikut ini.

Merek Mobil Buatan Indonesia
Berikut ini adalah daftar nama merek mobil buatan Indonesia.

1. Esemka
Esemka adalah nama merek mobil buatan Indonesia yang berada di bawah perusahaan PT. Solo Manufaktur Kreasi. Esemka dimulai pada 2007 sebagai proyek belajar siswa SMK di Solo.

Pada 2019, pabrik Esemka diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Esemka telah memproduksi dua jenis mobil, yaitu mobil Esemka Bima 1.2 dan Bima 1.3.

2. Maleo
Mantan presiden Indonesia, BJ Habibie dikenal sebagai pria yang cerdas semasa hidupnya.

Beliau dikenal sebagai salah satu penggagas mobil nasional Indonesia saat menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi.

Maleo adalah merek mobil buatan Indonesia yang dirancang oleh BJ Habibie. Mobil sedan yang dirancang pada tahun 1996 ini berpotensi untuk menjadi mobil nasional pertama.

Namun, proyek mobil Maleo diberhentikan oleh Presiden Soeharto yang kala itu lebih memilih untuk memproduksi mobil dengan merek Timor.

3. Timor
Mobil buatan Indonesia pertama diproduksi oleh PT. Timor Putra Nasional (TPN). Dikenal dengan nama Timor, perusahaan ini beroperasi sejak tahun 1996 hingga 2000 dan didirikan oleh Tommy Soeharto.

Mobil yang diproduksi oleh Timor dikenal dengan nama Timor S515. Mobil sedan tersebut hanya dibanderol Rp 35 juta dan menjadi mobil sedan termurah di Indonesia. Harga murah tersebut didapatkan dari insentif dan hak istimewa pemerintah.

4. AMMDes
Nama merek mobil buatan Indonesia selanjutnya adalah AMMDes yang merupakan singkatan dari Alat Mekanis Multiguna Pedesaan.

Seperti namanya, AMMDes adalah kendaraan pertanian yang termasuk ke dalam jenis mobil pedesaan.

Dirancang 100 persen oleh anak bangsa, AMMDes telah diekspor lebih dari 10.000 unit dalam kurun waktu 5 tahun. Konsep mobil pedesaan yang tangguh ini mampu mengangkut beban hingga 700 kilogram.

5. Beta97
Merek mobil buatan Indonesia selanjutnya adalah Beta 97 yang digarap oleh PT Bakrie Motor. Sayangnya, proyek mobil Beta 97 harus dihentikan karena krisis moneter Indonesia.

Selama sembilan bulan, Beta 97 telah melalui berbagai tes seperti bodi, sistem elektronika, tes supensi, dan sebagainya.

Sayangnya, proyek ini harus dihentikan karena krisis moneter yang melanda Indonesia kala itu.

6. Kancil
Mungil dan lincah, Kancil menjadi salah satu merek mobil buatan Indonesia yang cukup banyak diketahui. Mobil ini dipasarkan oleh PT Karunia Abadi Niaga Citra Indonesia Lestari pada tahun 1999.

Kancil sendiri merupakan singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah. Mobil ini biasanya digunakan sebagai kendaraan pribadi.

7. Tawon
Pada tahun 2010, PT Super Grasindo Jaya memproduksi mobil yang menjadi bagian dari karya anak bangsa dengan nama Tawon. Tawon sendiri memiliki arti lebah yang besar.

Tawon menjadi mobil alternatif angkutan di pedesaan dengan efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Di pasaran, Tawon menawarkan sejumlah variasi mobil dengan harga mulai dari Rp 43 juta hingga Rp 65 juta.

8. Tucuxi
Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012, Tucuxi merupakan salah satu merek mobil buatan Indonesia yang menggunakan energi listrik. Mobil ini dirancang oleh alumni ITS Surabaya, Danet Suryatama.

Mobil buatan anak bangsa ini hadir di Indonesia atas pesanan Dahlan Iskan selaku Menteri BUMB kala itu.

Mobil listrik Tucuxi menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate (LiFEPO4) dan bisa menempuh jarak hingga 321 kilometer.

9. Selo
Satu lagi merek mobil buatan anak bangsa yang perlu kamu ketahui, yaitu Selo. Dirancang oleh Ricky Nelson, mobil supercar ini diperkenalkan pada 2013.

Eksterior mobil Selo mengingatkan kepada merek mobil mewah seperti Ferrari atau Lamborghini. Sama seperti Tucuxi, Selo juga merupakan mobil listrik yang mampu menempuh jarak hingga 250 km/jam.

10. Si Elang
Mobil listrik ramah lingkungan lainnya juga pernah dibuat oleh anak bangsa.

Merek mobil buatan Indonesia itu dikenal dengan nama Si Elang yang dibuat oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tidar (Untidar) Kota Magelang, Jawa Tengah.

Menggunakan tenaga penggerak motor listrik berkekuatan 350 watt, Si Elang mampu melaju hingga kecepatan maksimal 40 km/jam.

11. GEA
PT INKA juga pernah menciptakan mobil buatan Indonesia dengan nama Gulirkan Energi Alternatif (GEA).

Mesin yang digunakan adalah proyek dari BPPT yang dikenal dengan nama Rusnas (Riset Unggulan Strategi Nasional).

Dengan kapasitas bensin 640 cc, GEA menjadi city car yang cukup terjangkau dengan harga mulai dari Rp 45 juta. Namun, kini nama GEA sudah jarang terdengar lagi.

12. Mahesa
Satu lagi mobil buatan Indonesia yang diperuntukkan bagi industri pertanian di pedesaan, yaitu Mahesa.

Mobil yang dibuat oleh Sukiyat ini terdiri atas tiga tipe bodi antara lain pick up, double cabin, dan pertanian.

Mesin yang digunakan mobil Mahesa adalah diesel 1 piston dengan kapasitas 650 cc. Mobil ini dibanderol mulai dari Rp 50 jutaan.

Demikianlah daftar nama merek mobil buatan Indonesia yang perlu kamu ketahui. Bangga, bukan? (her-ktk24)

Posting Komentar

0 Komentar