Unordered List

6/recent/ticker-posts
                           

Kapal Hias di Laut Pagatan Warnai Puncak Pesta Mappanre Ri Tasi E

 
TANAH BUMBU, , Kontak24jam.Net - HM Zairullah beserta rombongan melaksanakan rangkaian prosesi adat pada puncak perayaan Event Budaya Maritim Mappanre Ri Tasi E Tahun 2023.

Puncak perayaan tersebut ditandai dengan syukuran dan makan bersama melalui parade kapal hias yang berangkat dari area Dermaga Pantai Pagatan Kec. Kusan Hilir Tanah Bumbu, Minggu (04/06/23).


Kapal yang dinaiki Bupati diiringi oleh beragam kapal milik nelayan dan warga setempat, yang sebelumnya telah dihias dengan beragam warna dan aksesoris yang meriah.


Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menyampaikan kegiatan adat yang dilaksanakan di tengah Laut Pagatan dilakukan untuk memanjatkan doa sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan rezeki yang datang dari laut.



Menurut Zairullah kegiatan ini merupakan implementasi dari tatanan adat dan budaya yang sangat dipengaruhi dengan nilai-nilai keagamaan.


“Kegiatan ini memperjelas tudingan bahwa Mappanre Ri Tasi’e diwarnai dengan perbuatan syirik, itu tidak benar. Karena kita hari ini sudah merubah hal-hal yang menurut kita harus diperbaiki berdasarkan petunjuk para tokoh agama,” tegas Bupati.


Parade kapal ini kemudian menjadi salah satu dari akhir rangkaian peringatan Mappanre Ritasi E yang dibuka Bupati Zairullah sejak 22 Mei 2023 lalu.


Turut berhadir mendampingi Bupati, pimpinan Forkopimda, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Kepala SKPD dan pejabat di lingkup Pemkab Tanbu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan. (red).

Posting Komentar

0 Komentar