Unordered List

6/recent/ticker-posts
                           

Pelajaran Musik Di SLBN Tanah Bumbu Merupakan Terapi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus.

 
TANAH BUMBU, kontak24jam.Net- Musik tradisional akan dikembangkan menjadi materi pembelajaran bagi siswa Sekolah-sekolah tak terkecuali Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tanah Bumbu  agar mereka juga bisa  mengenal musik  dan memainkannya karena dalam bermain musik menjadi salah satu alternatif untuk mencurhakan emosi pada Anak-anak yang berkebutuhan Khusus.

Pembelajaran musik yang dilakukan di SLB Negeri Tanah Bumbu  bertujuan untuk memfasilitasi minat Anak berkebutuhan khusus untuk belajar musik secara benar.

"Karena musik juga memiliki pengaruh yang sangat signifikan bagi anak berkebutuhan khusus. Hal ini tak terbantahkan, "seperti yang terlihat  saat siswi SLB Negeri Tanah Bumbu  dengan konsentrasi penuh  saat Salah satu guru seni musik Hasni Maulida, S.Pd memberikan materi tata cara menggunakan musik tradisional Angklung

keceriaan siswa pun terlihat jelas di wajahnya meskipun mereka sisa SMPLB yang berkebutuhan Khusus.

Guru pembimbing  seni musik SLBN Tanah Bumbu  Hasni Maulida, S.Pd "mengungkapkan.

Karakteristik khas anak berkebutuhan khusus begitu lekat dengan musik. Mereka bernyanyi, mendengarkan musik, memainkan musik, menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian besar pada diri siswa.

Pembelajaran musik juga ikut serta berperan dalam proses proses terapi siswa berkebutuhan khusus saat ini.

Musik juga menjadi salah satu daya tarik dan pesona kuat bagi sebagian besar mereka. Di sela-sela jeda terapi, adanya musik bisa menjadi pembangkit semangat mereka, pemecah tegangnya suasana, serta mengikat lebih dalam bonding antara pendamping dan anak itu sendiri.

Musik juga bisa mengubah mood Suasana hati dan perasaan setiap anak tidak akan selalu ada di kondisi yang baik. Hal ini adalah wajar, jangankan anak, bahkan kita orang dewasa pun pasti begitu.

Oleh karena itu, dengan hadirnya pembelajaran musik bisa menjadi salah satu sarana untuk mengubah suasana hati dan perasaan anak.

Hasni Maulida juga menambahkan bahwa, manfaat musik yang lain bagi anak berkebutuhan khusus adalah untuk merangsang dan mengembangkan kemampuan berbahasa pada Anak.

Untuk mengembangkan area bahasa anak ini sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai teknik. Namun, musik dan nyanyian merupakan sarana yang efektif untuk mengajarkan bahasa kepada anak. Sudah begitu banyak bukti yang saya alami sendiri, anak-anak jadi bisa memproduksi kata-kata baru melalui musik dan nyanyian yang mereka dengarkan tutup Hasni Maulida.

Posting Komentar

0 Komentar