Unordered List

6/recent/ticker-posts

Penjelasan Perbedaan Banjar dengan Banjarmasin.

 
TANAH BUMBU, Kontak24jam.Net -  APA bedanya Banjar dan  Banjarmasin? Pertanyaan tersebut kerap kali dipertanyakan oleh sebagian warga.

Bagaimana tidak, di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang menggunakan kata Banjar sebagai awalan dari nama daerah. Yakni, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan, dan Kota Banjar Patroman di Jawa Barat, juga Banjarnegara di Jawa Tengah.

Tak sedikit dari mereka mengaku kedua daerah tersebut merujuk pada daerah di pulau Kalimantan itu sama, atau hanya berganti nama saja. Namun sebagian menyangkal dan menganggap keduanya berbeda.

Oleh sebab itu, simak penjelasan Okezone berikut ini untuk mengetahui perbedaan keduanya.

Ibu Kota Baru Kalimantan Selatan

Tak banyak yang tahu, kota Banjar yang merujuk pada Kota Banjarbaru adalah ibu kota baru bagi provinsi Kalimantan Selatan menggantikan Kota Banjarmasin. Melansir dari banjarbarukota.go.id, wilayah ini mulanya adalah perbukitan di pinggiran Kota Martapura yang dikenal dengan nama Gunung Apam.

Daerah Gunung Apam sendiri menjadi tempat peristirahatan buruh-buruh penambang intan selepas menambang di Cempaka. Perkembangan yang ada membuat daerah ini disiapkan sebagai ibu kota provinsi.

Nama Banjarbaru yang diberikan oleh Gubernur dr. Murjani guna membedakan dengan Kota Banjarmasin, yakni kota baru di Banjar. Kota Banjarbaru sendiri berdiri sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Banjar.

Sementara itu, Banjarmasin adalah kota yang pernah menjadi ibu kota provinsi Kalimantan (1945–1956) dan provinsi Kalimantan Selatan (1956–2022). Perubahan ibu kota provinsi ini diketahui adanya hubungan dengan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), dimana Banjarbaru sebagai penyangga di wilayah Kalimantan Selatan. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar