Unordered List

6/recent/ticker-posts

Bawaslu Tanbu Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

TANAH BUMBU, kontak24jam.Net - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024.
Sosialisasi peran stakeholder dan masyarakat dalam pemilu 2024 sebagai wujud nyata Implementasi Undang-Undang 7 Tahun 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Central Batulicin ,Kamis (22/9/22).
Acara ini dihadiri peserta yang berasal dari berbagai unsur masyarakat, antara lain organisasi Kemasyarakatan, SKPD, unsur TNI Polri, pers, serta organisasi Mahasiswa dan Kepemudaan di Kabupaten Tanah Bumbu.
Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Bumbu Kamiluddin Malewa,SE,MAP.
Sosialisasi pengawasan partisipatif bertujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga perilaku yang dapat merusak sendi-sendi demokrasi, sehingga mampu mendorong Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.
Dalam kegiatan ini hadir sebagai narasumber, Ketua KPU Tanah Bumbu Makhruri,SE, Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kab Tanah Bumbu,Muhammad Jaelani SH,MHum.
Ketua Bawaslu Tanah Bumbu, Kamiluddin Malewa menyampaikan, dalam mengawal tahapan pelaksanaan pemilu, Bawaslu Tanah Bumbu tidak dapat melakukan pengawasan secara optimal dikarenakan keterbatasan personil, sehingga membutuhkan peran serta masyarakat agar turut andil dalam melakukan pengawasan.
Salah satu program yang telah dilakukan Bawaslu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat melalui sosialisasi ini.
“Keterlibatan masyarakat dalam setiap tahapan pemilu menjadi langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkualitas di Kabupaten Tanah Bumbu,”ujarnya.
Kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan kesadaran partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik.
Ia menambahkan,sosialisasi untuk memberikan pemahaman dasar tentang pemilu dan pencegahan dini terhadap kerawanan pemilu.
Malewa menuturkan pengawasan partisipatif menjadi satu hal yang penting, karena seluruh masyarakat merupakan komponen krusial dalam proses Demokrasi.
“Dalam hal pengawasan partisipatif ini Bawaslu telah melakukan kerjasama dengan Pemerintah daerah dalam hal netralitas ASN,Dispersip dan Persatuan Waetawan Indonesia Tanah Bumbu,” ujarnya.
Terlebih, kesadaran masyarakat dan keikut sertaan dalam kegiatan pengawasan menjadi pondasi utama dalam menciptakan pemilu dan pemilihan yang ideal.
Adapun materi sosialisasi yang disampaikan yakni Tahapan pelaksanaan Pemllu yang disampaikan oleh Ketua KPU Tanah Bumbu Makhrurii, SE.
Selanjutnya materi terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) disampaikan Kepala BKPSDM Tanah Bumbu diwakili Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan informasi, Muhammad Jaelani,SH,MHum.
Dalam kesempatan ini dilaksanakan juga penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tanah Bumbu dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tanah Bumbu terkait kerjasama pada bidang pengawasan partisipatif Pemilu 2024. 

Posting Komentar

0 Komentar