Unordered List

6/recent/ticker-posts
                           

PDI Perjuangan Laksanakan Pendidikan Pelatihan Penangulangan Bencana (Baguna) Di Tanbu.

 

BATULICIN, Kontak24jam.Net - Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang penanggulangan Bencana (Baguna) Ribka Tjiptaning  Proletariyatidi dampingi Sekretaris DPD PDIP Kalsel, M. Syaripuddin, SE, M.AP mewakili Ketua DPD PDIP Kalsel, Mardani H. Maming, Rabu (02/02/22). membuka langsung Pelaksanaan Pendidikan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana dan Pengendalian Operasi Pencarian dan Pertolongan Bagi Pengurus Badan Penanggulangan Bencana (Baguna)

Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana  (Baguna) dilaksanakan disebuah Hotel Marina  di Kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Tanah bumbu.

Pelatihan tersebut,  "di hadiri dari berbagai Daerah antara lain dari DPD Kalsel sebanyak 5 orang, Kaltim 4 orang, Kalteng 5 orang, Kalbar 3 orang, Kaltara 1 orang, Bali 3 orang, NTT 2 orang dan NTB 1 orang. 

Sementara itu yang dari DPC Banjar 7 orang, Tapin 4 orang, HSU 4 orang, HSS 4 orang, Kotabaru 2 orang, Balangan 4 orang, Tabalong 4 orang, Tanah Bumbu 6 orang, Barito Kuala 4 orang, Banjarbaru 4 orang, HST 4 orang, Banjarmasin 4 orang dan Tanah Laut 3 orang.

Pelatihan atau Diklat dilaksanakan oleh Sayap Partai yaitu Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDIP, " Ini merupakan Gelombang I Wilayah Tengah yang dihadiri peserta dari seluruh Kalimantan, Bali dan  Nusa Tenggara. DPD PDIP Kalsel mendapat kepercayaan sebagai Tempat pelaksana.

Mardani H Maming yang di wakili yang  Sekretaris DPD PDIP Provinsi Kalsel Muhammad Syarifuddin, SE.MAP. Mengucapkan Rasa terima kasih nya Kepada Baguna DPP PDI Perjuangan Pusat yang telah mempercayakan Provinsi Kalimantan Selatan Sebagai Tuan rumah Pelaksana Pendidikan dan pelatihan Nasional Penanggulangan bencana untuk zona tengah yakni meliputi wilayah Bali Nusa tenggara Timur dan Nusa tenggara barat.

Sebagaimana Arahan Ibu Ketua Umum  PDI Perjuangan Pusat Megawati Suekarno Putri kita diminta untuk selalu siap sedia untuk membangun kemampuan teknis guna menyelamatkan Rakyat serta turun bergerak  dengan penuh rasa kemanusiaan dan rasa cinta kepada Rakyat. ujar Tokoh muda Kalsel yang Akrab di Sapa Bang Dhin.

Adapun Penanggulangan bencana  yang dihadapi, tambah Bang Dhin, "bahwa  Bencana di Indonesia  Kemungkinan akan terus terjadi di masa masa akan datang.

karena Indonesia berada dikawasan Rawan bencana alam, "Diantara bencana Gempa bumi, Banjir, bencana  longsor bahkan bencana Non Alam Seperti Pandemi Covid-19 Yang kita rasakan saat ini, "yang mengakibatkan  terganggunya Stabilitas Pembangunan di berbagai bidang.

Strategi mitigasi kebencanaan menjadi hal yang sangat penting dilakukan dengan cara Skil Indevidu berupa Keahlian, kemampuan, dan keterampilan khusus dan  Infrastruktur Penunjang saat dilapangan.

Maka melalui kegiatan inilah Semua berharap bahwa Penanggulangan bencana (Baguna) sebagai Suporting System  PDI Perjuangan untuk selalu hadir di tengah tengah Masyarakat dalam melakukan darurat kebencanaan  Aksi kemanusiaan serta solidaritas Sosial lainnya. Terang Bang Dhin.

Adapun Ketua BPP PDI Perjuangan
Bidang Penanggulangan Bencana dr. Ribka Tjibtaning Proletariyati dalam sambutannya menekankan, kader Baguna  harus selalu siap kapan pun jika terjadi bencana.

"Jika dalam suasana bencana, kader BAGUNA jangan pilah pilih korban yang akan ditolong. Jangan lagi memandang dia dari partai mana, atau pendukung siapa, semua harus dibantu dan ditolong sebagai sesama umat manusia. Jadi tolong di ingat dan perhatikan, siapa pun dia atau darimana pun dia berasal, jika terkena bencana harus segera diberikan bantuan," tegasnya. 

Menurut Kepala Baguna Kalsel Muhammad Rijali SE dalam laporannya, peserta kegiatan diikuti sebanyak 82 orang, yang mana akan mengikuti pendidikan dan pelatihan selama 9 hari dengan 2 kelas, yakni Wather Resque dan Vertikal Resque.

Pelaksanaan Pembukaan Pelatihan dan Pendidikan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan  ditutup  dengan Doa yang dipimpin langsung  oleh ketua Majelis Ta'Lim Al-Khairaat Tanah Bumbu. "yang mulia Habib Husen Bin Anis Al, Jufri.

(Red)

Penulis : Heriyanto

Posting Komentar

0 Komentar