Unordered List

6/recent/ticker-posts

Aktivitas Anak Dalam Menghabiskan Waktu Libur Sekolah

 
TANAH BUMBU, kontak24jam Net  - Libur sekolah beberapa hari menjadi momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama teman temannya terlihat  anak tersebut  4 prang anak sedang serius menikmati jalan cerita Flm Animasi yang mereka saksikan sambil berbaring  dan bermalas malasan 

" hal tersebut juga merupakan  Momen yang bisa  mempererat hubungan antara anak dan orang sehingga lebih mudah untuk mengawasinya.
 

Meskipun begitu, tidak sedikit orang tua yang justru mengalami kebingungan dalam menentukan aktivitas yang cocok untuk mengisi liburan anak. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah lima aktivitas seru dan edukatif yang bisa dilakukan saat libur sekolah.

Film atau animasi keluarga bisa mendorong kreativitas anak. Belum lagi cerita yang terkandung dalam sebuah film menghadirkan nilai-nilai kebaikan yang bisa diterapkan dalam kehidupan nyata seorang anak.

Mengajak anak untuk melakukan aktivitas di alam terbuka merupakan hal yang bisa dilakukan oleh orang tua. Aktivitas alam terbuka memiliki banyak manfaat bagi anak.

Tak hanya itu, aktivitas tersebut juga mampu mendorong anak untuk berpikir lebih kritis. Serta mampu mengurangi kecemasan dan stress pada anak.

"Anak-anak merupakan peniru ulung, apabila anak-anak menonton televisi tanpa kontrol, dampaknya akan negatif, anak akan meniru apa saja yang dilihat," kata Sukmanoor Akbar‎, psikolog dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin dikutip dari Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

‎Menurutnya, perkembangan kognitif anak masih belum dapat mencerna untuk membedakan mana yang baik dan buruk.

Terlebih saat liburan, anak akan terpapar lebih banyak waktu di depan TV dibandingkan saat sekolah. Karena itu, menurut Sukmanoor, ada beberapa hal yang harus dilakukan orang tua adalah:

1. Orang tua harus menyaring tayangan yang layak atau tidak layak ditonton oleh anak.

2. Tetapkan juga aturan, kapan anak boleh menonton televisi dan kapan orang tua harus memberikan kebebasan pada anak untuk nonton televisi.

3. Hindari menaruh televisi di kamar anak dan ajaklah anak mengerjakan sesuatu atau hiburan lain sehingga anak tidak selalu menjadi televisi sebagai satu-satunya hiburan di rumah.

4. Perhatikan waktu tayang, jenis film dan istirahat si anak agar anak mudah menyesuaikan diri.

5. Diskusi dan berceritalah setelah menonton televisi dan berikan nilai-nilai positif untuk mengembangkan kemampuan moral anak.






Posting Komentar

0 Komentar